Halaman

Rabu, 16 Oktober 2013

Pantangan Makanan dan Kebiasaan untuk Ibu Hamil


Hamil memang sesuatu yang membahagiakan sebab wanita juga pria selangkah lagi mendapatkan kehidupan yang baru yakni menjadi seorang ibu dan juga ayah. selain membahagiakan, sesungguhnya masa hamil juga merupakan masa yang rawan. Ibu yang hamil dituntut untuk menghindari beberapa hal agar ia dan janinnya sehat sampai proses persalinan selesai. Berikut ini beberapa pantangan ibu hamil yang bisa dijadikan acuan

  • Pantangan Makanan : Kita sering mendengar bahwa ibu yang sedang hamil dilarang untuk mengkonsumsi kopi karena kandungan kafeinnya tidak baik bagi ibu yang hamil. Hal ini tidak sepenuhnya salah pun benar. Ibu hamil boleh saja mengkonsumsi kopi tetapi dalam takaran yang tidak berlebihan. Dan perlu diingat bahwa sumber kafein tak hanya kopi tetapi juga teh, coklat, minuman berkarbonasi, minuman ebergi dan masih banyak lagi lainnya.   Pantangan selanjutnya adalah tidak mengkonsumsi pemanis buatan dan juga makanan kalengan yang cenderung mengandung komponen bahan kimia yang tinggi.Makanan lain yang menjadi pantangan ibu hamil adalah masakan yang terlalu mentah dan terlampau masak. Makanan yang masih mentah bisa mengandung bakteri dan berbahaya saat dikonsumsi.  Hal ini dapat disiasati dengan mengkonsumsi Makanan sehat untuk menjaga kondisi Ibu agar tetap Fit.
  • Pantangan  Pola Kebiasaan :  tidak menggunakan sepatu dengan tumit tinggi sebab akan menambah beban pada kaki ibu.  Tidak mengkonsumsi alkohol juga  tidak merokok sebab secara medis bisa membuat janin cacat dan bahkan keguguran. Karena itu lebih baik hindari asam rokok. Meski pasif, akibat rokok juga bisa terasa loh! Pantangan selanjutnya adalah menghindari kegiatan yang berat, tidak memaksakan diri untuk mengangkat barang dan lain-lain. Jangan sering tidur dengan posisi tengkurap sebab akan membuat bayi dalam perut Anda tergencet. Posisi miring ke samping kiri maupun kanan adalah pilihan yang baik.
     Sebaiknya ambil barang dengan cara jongkok terlebih dahulu. Pantangan terakhir selanjutnya adalah tidak membiasakan diri untuk mandi di air hangat saat hamil, sebab akan merangsang rahim untuk berkontraksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar